Ternak Parkit

Ternak parkit pada dasarnya tidak sesulit dibanding ternak burung berkicau lainnya.Burung ini bisa diternak secara berpasangan maupun secara massal dalam satu kandang besar/kandang koloni sehingga memudahkan peternak untuk merawatnya dan juga efisien tempat.

burung

Burung Parkit

Memang pasaran burung parkit relatif “terjangkau” bila dibandingkan dengan burung berkicau lainnya.Tetapi dengan cara ternaknya yang tidak terlalu sulit dan efisien tempat serta pakan burung parkit yang mudah didapat dan relatif harganya yang terjangkau membuat ternak parkit menjadi andalan masyarakat untuk menambah penghasilan mereka.
Dan bila Anda tertarik untuk mengembangbiakkan burung parkit ini maka langkah-langkah untuk mulai mengembangbiakkan/ ternak burung parkit sebagai berikut:
- Mulailah untuk menyiapkan kandang.Bila Anda ingin menternakkan burung ini secara massal maka Anda perlu menyiapkan kandang dengan ukuran yang cukup besar/kandang koloni.Misal Anda ingin menternakkan burung parkit sebanyak 5 pasang maka kandang yang ideal berukuran panjang 100cm lebar 60cm dan tinggi 100cm.Kandang bisa terbuat dari bahan kayu dan kawat ayam.
- Kandang ternak dilengkapi dengan tempat pakan dan minum.Pakan yang disediakan berupa jagung muda,potongan kangkung,tauge dan milet putih.Juga sediakan tenggeran yang bisa menggunakan ranting kayu.Untuk tempat bertelur maka sediakan rumah parkit/glodok.Untuk satu pasang parkit disiapkan satu rumah/satu glodok untuk bertelur dan mengeram.

glodok

Glodok Parkit

- Membedakan burung parkit jantan dengan burung parkit betina.Membedakan burung parkit jantan dengan burung parkit betina terletak pada area didekat paruhnya tepatnya dilubang hidung.Untuk jantan memiliki warna biru sedangkan untuk parkit betina berwarna putih. Selain itu parkit jantan lebih sering berkicau dibanding parkit betina yang cenderung diam.
- Indukan parkit berusia minimal 5 bulan.Indukan harus yang berbadan sehat dan tidak ada cacat ditubuhnya.
- Setelah indukan dimasukkan kedalam kandang besar maka tidak berapa mereka akan mulai melakukan pendekatan kelawan jenisnya.Bila mereka merasa cocok maka burung parkit sudah menemukan jodohnya.Dan mereka merupakan hewan yang setia terhadap pasangannya
- Setelah burung bertelur (biasanya jumlah telurnya sekitar 4 sampai 5 butir) maka telur akan dierami indukan secara bergantian selama 18 hari.Setelah anakan menetas maka anakan parkit akan dirawat oleh induknya hingga anakan sudah keluar dari sarangnya untuk mencari makan sendiri.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.