Rawatan Harian Anis Merah

Rawatan harian  anis merah sudah seharusnya dilakukan oleh para pemilik anis merah yangmenginginkan anis merah andalannya menjadi jawara lomba.Rawatan harian ini mencakup memandikan burung,penjemuran pagi hari,menjaga kebersihan kandang dan seterusnya.

Perawatan ini dilakukan secara terus menerus setiap hari dan hanya dihentikan bila burung terkena serangan penyakit atau burung menagalami mabung.Walaupun burung anis merah telah banyak menjadi jawara lomba maka rawatan harian harus tetap dilakukan secara kontinyu.

anis

Anis Merah

Adapun langkah-langkah melakukan rawatan harian anis merah yaitu denagn cara sebagai berikut:

1.Keluarkan burung anis merah anda pada pagi hari yaitu antara pukul 06.oo dan ditempatkan ditempat yang sejuk untuk diangin-anginkan

2.Angin-anginkan burung selama kurang lebih 30 menit selanjutnya burung dimaandikan.memandikan burung anis merah bisa menggunakan spray ataupun dengan kandang mandi.Biasanya para kicaumania lebih menyukai anis merahnya dimandikan dalam kandang mandi

3.Disaat burung dimandikan maka bersihkanlah kandang anis merah dari kotoran ataupun sampah makanan sisa.Jangan lupa untuk memeriksa ketersediaan pakan dan minum dan memeriksa kebersihan tempat pakannya.

4.Tambahkan atau ganti voer dan minuman anis merah.Untuk buah sebaiknya diberikan dalam keadaan segar.Pada wadah extra fooding ditempatkan 3 ekor jangkrik

- Untuk jangkrik sebaiknya diberikan jangkrik yang masih hidup dan sehat dan buanglah kedua kaki belakangnya.

5.Jemur anis merah dibawah matahari pagi selama satu atau dua jam yaitu antara pukul 07.00 hingga pukul 10.00

6.Setelah penjemuran dilakukan maka burung kembali diangin-anginkan selama 15 menit

7.Burung anis kemudian dikerodong dan ditempatkan pada tempat yang sejuk.Sambil dikerodong burung dimasterkan dengan suara burung master atau dengan bantuan MP3.

Bila anda menggunakan masteran langsung dari burungnya maka untuk anis merah masteran yang cocok menggunakan burung cucak jenggot,cililin,lovebird,dsb.

8.Pada pukul 03. sore burung kembali diangin-anginkan dan tambahkan pada wadah extra fooding yaitu  jangkrik sebanyak 1 ekor

9.Burung kembali dikerodong dan dimaster pada pukul 06 pagi

-  Pemberian pakan berupa buah segar seperti pepaya atau pisang kepok putih.Pemberian buah sebaiknya diselang seling.Sebagai contoh hari ini pepaya kemudian besoknya burung diberikan pisang kepok dan selanjutnya pepaya kembali.Begitu seterusnya.

-  Pemberian extra fooding seperti diatas tidaklah baku karena tiap burung berbeda tipikalnya.Saat ketemu setelan extra fooding yang tepat maka setelan tersebut tidak usah dirubah.

-  Kroto segar dapat diberikan sebanyak satu sendok teh dua kali seminggu

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.