Ikan Sepat Siam

Merupakan jenis ikan sepat terbesar.Ikan sepat siam dapat tumbuh hingga berukuran panjang mencapai 25cm.Sedang ikan sepat umumnya dapat tumbuh hanya mencapai 12cm.Corak pada tubuh sepat siam yang belang-belang seperti kulit ular sehingga ikan ini mendapat sebutan snake skin.

Ikan ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 23 – 27 derajat celcius dengan pH air 6 – 7.Tempat yang disukainya yaitu rawa-rawa,danau atau sungai yang banyak ditumbuhi tanaman air.Karena ikan ini sangat menyukai tanaman air sebagai tempat untuk memijah dan untuk makanannya.

Ikan sepat siam tergolong ikan pemakan segala (omnivore).Makanan utama sepat siam adalah jentik nyamuk,cacing,kutu air,udang renik dan tumbuhan air dan lumut.

ikan

Ikan Sepat Siam

Sebagaimana kerabatnya yaitu ikan gurame,sepat siam pun tergolong ikan yang mengambil O2 secara langsung diudara.Sehingga ikan ini sering muncul dipermukaan air untuk mengambil O2.Jadi sangat mudah untuk menandakan keberadaan sepat siam.

Penyebaran ikan ini tersebar diperairan-perairan diwilayah Laos,Thailand,Kamboja serta Vietnam.Ikan sepat siam dimasukkan ke Indonesia melalui Malaysia.Saat ini sepat siam sudah menyebar keseluruh wilayah Indonesia.Sehingga ikan ini mudah diketemukan dipersawahan,danau-danau,rawa,kolam-kolam hingga sungai.

Ciri morfologis pada sepat siam yaitu mempunyai tubuh yang mirip kerabatnya yaitu ikan gurame hanya sepat siam lebih kecil.Corak tubuhnya belang-belang menyerupai corak kulit ular.Tubuhnya dilapisi sisik yang kecil.Mempunyai sirip punggung,sirip ekor,sirip dada dan sirip dubur.Ikan ini mempunyai dua buah benang panjang yang berguna sebagai alat peraba.

Sepat siam menyukai air yang jernih untuk memijah dan beraktifitas.selain itu ikan ini menyukai perairan yang tenang.Saat memijah ikan ini akan membuat sarang busa yang diletakkan dipermukaan air diantara tumbuhan / tanaman air.Manfaat sarang busa ini untuk meletakkan telur hasil pemijahan.Telur-telur yang telah dibuahi ini akan diletakkan disarang busa dan indukan akan menjaga telur hingga telur menetas.Biasanya telur-telur akan menetas setelah berumur 3 hari.Anak-anak sepat siam akan diasuh induk jantan hingga anak-anaknya bisa mencari makan sendiri.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.